Informasi Terupdate Hari Ini

Cerdaskan Anak Bangsa, Pemulung Dirikan SMP dan PAUD

0 137

NTT (faktahukumntt.com), Demi melaksanakan cita-cita luhur yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke-empat…mencerdaskan kehidupan bangsa…,Yoseph O. Blikololong salah satu warga RT.10 RW.4 Kelurahan Oesapa Barat Kecamatan Kelapa Lima, berprofesi sebagai pemulung, memiliki semangat yang tinggi untuk mengangkat harkat dan martabat pendidikan, terkhusus untuk anak-anak putus sekolah dan kurang mampu dari segi finansial.

Menariknya, semangat putra Flobamora ini diejawentahkan dalam kontribusi nyata mendirikan sekolah dengan nama SMP Surya Mandala sejak tahun 2011. Dan aktif kegiatan belajar mengajar (KBM) dari tahun 2012. Sekolah swasta ini dibawah naungan Yayasan Pendidikan Paten Ina, beralamat di JL Timor Raya KM 6 RT 10/RW Kelurahan Oesapa Barat Kecamatan Kelapa Lima.

Hal ini diutarakan Ketua Yayasan Pendidikan Peten Ina, Yoseph O. Blikololong, ketika ditemui dilokasi sekolah. “Saya termotivasi mendirikan sekolah karena merasa terpanggil melihat anak-anak usia sekolah tapi putus sekolah dan kerja serabutan,” ujarnya.

“dari situlah terbesik hati nurani untuk terus berupaya menghadirkan sekolah, walaupun dengan segala keterbatasan yang ada. Akhirnya, dengan susah payah SMP Surya Mandala dapat beroperasi dengan mengontrak salah satu rumah yang beralamat di JL Monitor Kelurahan Oesapa Kecamatan Kelapa Lima”, tutur Blikololong.

Seiring berjalannya waktu, anak-anak yang tadinya putus sekolah didekati untuk memberikan motivasi sehingga mereka dengan penuh semangat untuk bersekolah. Jumlah siswa mencapai ratusan, kemudian ketika hijrah dari gedung sekolah lama ke gedung yang dibangun secara swadaya dan dibantu para donatur di Kelurahan Oesapa Barat sehinga proses KBM dapat terus berjalan sampai sekarang.

Walaupun sarana dan prasarana masih belum memadai. Tetapi karena untuk menciptakan generasi cerdas, berintelek dan berkarakter yang berguna bagi bangsa dan negara maka apapun yang terjadi proses KBM tetap terus berjalan.

“Ketika ujian nasional kami menitipkan anak-anak untuk melaksanakan ujian di SMPN 16 Kelurahan Pasir Panjang,” jelasnya.

Selain SMP Surya Mandala, masih dalam satu gedung, ada juga dibukanya PAUD dibawah yayasan Peduli Kasih. Tahun ini jumlah siswa yang daftar lebih banyak dari tahun kemarin. Dimana hanya 20 anak yang mendaftar tapi tahun ini mencapai 38 anak.

“Kami sangat mengharapkan perhatian pemerintah untuk mengangkat harkat dan martabat pendidikan yang tentunya ditunjang dengan fasilitas sarana dan prasarana,” ungkapnya.

Sementara Kepala SMP Surya Mandala Bende Mata menjelaskan siswa yang ada saat ini berjumlah 75 orang terdiri dari kelas 7,8 dan kelas 9. Sedangkan jumlah guru yang mengajar sebanyak 8 orang.

“Tahun ini untuk kelas 9 kami terapkan KBM menggunakan K13. Sebagian guru-guru kami ada ikut Bimtek K13,” jelasnya.

Diketahui bahwa siswa-siswi yang menimba ilmu di SMP Surya Mandala berasal dari keluarga kurang mampu. Sehinga ada siswa yang ketika pulang sekolah langsung pergi melaut mencari ikan. Dan ada siswa yang bekerja serabutan lainnya. Mereka memiliki semangat yang belajar yang tinggi. Oleh sebab itu, dengan adanya SMP Surya Mandala yang didirikan oleh Yoseph O. Blikololong telah memberikan semangat baru untuk mereka menggapai cita-cita dengan terus belajar.

“Kami harapkan ada perhatian pemerintah untuk membantu menunjang proses KBM dengan membangun gedung baru untuk siswa-siswi,” pintanya. (Misa )

Comments
Loading...