49 Siswa SMA Negeri 1 Adonara Barat, Flotim Ikut Latihan Menulis Opini

Dibaca 443 kali Reporter : Yurgo purab verified

FLOTIM, Faktahukumntt.com – 28 Oktober 2021

Geliat merayakan dan memperingati HUT Sumpah Pemuda, 28 Oktober kini mulai dirasakan di setiap lembaga pendidikan.

Terlebih khusus di sekolah-sekolah. Yang mana selalu membuka ruang untuk siswanya dalam berkarya dan mengekspresikan diri, serta mengerahkan seluruh bakat dan kreativitasnya demi pengembangan diri seutuhnya.

Tahun ini, kemeriahan bulan bahasa di SMA Negeri 1 Adonara Barat dilaksanakan dalam sebuah event kegiatan yang sangat bermakna.

Sejak tanggal 25 Oktober 2021 hingga acara puncak 28 Oktober, ada berbagai kegiatan dan aktivitas yang dilaksanakan di sekolah seperti pengembangan diri di bagian jurnalistik, dengan metode pendampingan menulis opini, pidato, teater dan juga menulis puisi.

Kegiatan pendampingan itu dilaksanakan selama tiga hari. Pada moment pengembangan diri ini, khususnya bagian menulis opini, menghadirkan narasumber yang didatangkan dari SMAN 1 Larantuka,  Silvester Witin.

Baca Juga :  Kadis Pendidikan NTT: Sona Pendidikan Tetap Diterapkan

Pada hari pertama, para siswa dibekali dengan pemahaman seputar opini itu sendiri, langkah-langkah menulis sebuah opini yang baik dan berkualitas.

Syl Witin, dengan tegas mengingatkan kepada para peserta bahwa, kita mesti menjadi penulis-penulis muda yang harus mempersiapkan diri kita mulai dari sekarang, dengan banyak membaca dan mencari tahu informasi-informasi yang penting dan aktual dewasa ini.

Siswa perlu membaca dan menulis, karena menulis itu adalah karya atau kerja untuk keabadiaan. Seorang penulis itu tidak pernah akan mati. Tulisan penanya tetap abadi, ” ungkap Syl Witin meminjam kata-kata Pramoedya Ananta Toer.

Pada hari kedua dan ketiga, para peserta diarahkan untuk mulai menulis opini yang baik.

Baca Juga :  Kepsek Simon: Umumkan Nilai siswa Kelas X Dan XI SMA Swasta Nesi Neonmat 2021

Selanjutnya tulisan opini itu dipresentasikan di hadapan para peserta dan langsung dikoreksi atau dilengkapi oleh narasumber.

Para siswa pun begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut. Pada akhir sesi kegiatan tersebut, dikumpulkannya sekian banyak naskah opini dan berita yang ditulis dengan baik.

Kepala SMAN 1 Adonara Barat, Bapak John Boli, turut mengapresiasi kegiatan itu.

Ia berharap, agar para siswa perlu didampingi secara terus menerus sehingga iklim serta budaya nembaca dan menulis itu semakin hari semakin bertumbuh kuat di sekolah ini.

Baca Juga :  Galeka Uyelewun Kupang Adakan Lomba Menulis Puisi Bagi SMA/SMK di Lembata

” Ke depannya, sekolah akan tetap melaksanakan kegiatan menulis opini dan kegiatan sejenis lainnya. Dengan berkarya dalam menulis opini, kita akan semakin dikenal banyak orang,” tegas Kepsek John.

Ia menegaskan, semua mampu menulis opini, tinggal saja butuh pendampingan yang serius. Perlu ada sentuhan-sentuhan dari guru dan pribadi lain yang dianggap memiliki kompetensi dan keahlian di bidangnya masing-masing.

SMA Negeri 1 Adonara Barat telah menggunakan momen bulan bahasa dengan kegiatan literasi yang berkualitas.

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment