Informasi Terupdate Hari Ini

Program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) SMAN 1 Kota Kupang

0 155

Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) berhasil memberikan kesempatan 500 siswa dari provinsi Papua dan Papua Barat untuk menempuh pendidikan menengah di luar tanah Papua.  Program ini diperluas ke daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) lainnya yaitu Aceh, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara dan Sulawesi Barat dengan kuaota yang sebanyak 200 kuota, sehingga masing masing mendapatkan kuota 50 siswa. Program ADEM di selenggarakan di Provinsi NTT khususnya di Kota Kupang yang disebar ke beberapa sekolah yakni SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 5, SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3, SMAK Giovani dan SMAK Mercusuar.

SMAN 1 Kota Kupang merupakan salah satu sekolah di Kota Kupang  di tunjuk oleh Dinas Pendidikan Provinsi NTT untuk melaksanakan program AFIRMASI PENDIDIKAN MENENGAH (ADEM).  Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) bagi siswa dari berbagai daerah di NTT merupakan salah satu kebijakan yang ditetapkan sebagai implementasi terwujudnya cita-cita bangsa Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Memberikan kesempatan bagi putra-putri Kabupaten Nagekeo, Sumba Barat Daya, Lembata, Alor  untuk belajar di luar daerahya dan bersaing secara sehat dalam prestasi akademik maupun nonakademik pada pendidikan formal.

Program Afirmasi di SMAN 1 Kota Kupang sudah berjalan sekitar 4 Tahun, mulai dari Tahun Pelajaran 2013/2014, 2014/2015, 2015/2016 dan 2016/2017, dan siswa-siswa ADEM tersebut bisa berbangga karena tidak semua siswa terpilih menjadi peserta ADEM. Penentuan untuk menjadi siswa ADEM melalui tahapan seleksi dengan melihat nilai rapor pada pendidikan menengah pertama (SMP).  Apalagi mereka bisa belajar di SMAN 1 Kota Kupang yang mana merupakan salah satu sekolah favorit.

Berdasarkan Pantauan Bapak Ibu Pembimbing bahwa siswa-siswi ADEM dalam setiap pertemuan mengalami perkembangan pada Proses Belajar Mengajar (PBM) tahap demi tahap. Namun patut diakui bahwa kemampuan siswa-siswi dari luar kota Kupang belum bisa menyaingi siswa-siswa di SMA 1 Kota Kupang. Walaupun demikian atas kerja keras para guru pembimbing siswa/i ADEM mampu menyelesaikan studinya dengan hasil yang memuaskan dan kebanyakan dari mereka melanjutkan pendidikannya di Universitas Nusa Cendana Kupang.(Oscar)

Comments
Loading...