Mendikbudristek: Perkuat Kerja Sama Lintas Negara melalui Program Bidang Kebudayaan

Dibaca 68 kali Reporter : *** verified

MAGELANG, faktahukumntt.com – 14 September 2022

Selain Pertemuan Tingkat Menteri G20 bidang Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah melakukan sejumlah pertemuan bilateral secara tatap muka dengan negara anggota G20, yakni Amerika Serikat, Belanda, Jerman, Korea Selatan, India, Saudi Arabia, dan Uni Emirat Arab.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim menyampaikan, “Pertemuan bilateral ini diselenggarakan sebagai langkah nyata kami mendorong kolaborasi lintas negara dalam upaya pemulihan dan perkembangan sektor seni dan kebudayaan.”

Pada pertemuan dengan Jerman, Menteri Kebudayaan dan Media Jerman, Claudia Benedikta Roth beserta Duta Besar Jerman untuk Indonesia, Ina Luise Ruth Lepel, dan delegasi lainnya membahas beberapa poin kerja sama yang berkenaan dengan kerja sama teknik pengelolaan museum dan peningkatan kapasitas sumber daya pengelola museum, galeri, dan institusi budaya lainnya. Indonesia juga mengusulkan program residensi bagi seniman, serta program-program lainnya yang mampu menguatkan kolaborasi dan memperluas jaringan antar pegiat seni di kedua negara.

Baca Juga :  Wujudkan Layanan Paud Holistik Integratif di Kota Kupang, TP PKK Gelar Pelatihan bagi Guru PAUD

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim juga melakukan pertemuan bilateral dengan perwakilan dari Amerika Serikat (AS) yang dipimpin oleh Asisten Menteri Luar Negeri Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Lee Satterfield. Serupa dengan Jerman, pada pertemuan ini Indonesia juga mengusulkan penguatan program-program kolaborasi dengan lembaga museum di AS untuk peningkatan kapasitas dan pengelolaan museum.

Selanjutnya
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment