fbpx
Informasi Terupdate Hari Ini

LIMA BELAS PARTAI BERSAING DI KOTA KUPANG SATU PARTAI GUGUR

0 78

Kupang, (faktahukumntt.com), Jumlah Partai Politik yang lolos seleksi KPU Pusat sebanyak 16 (enam belas) partai, sedangkan yang ikut serta dalam pencalonan anggota dewan telah resmi mendaftar ke KPU Kota Kupang hanya 15 (lima belas) Partai.

Di jumpai di ruangan kerjanya Anggota KPU Kota Kupang Lodowyk Fredik, ST kepada wartawan faktahukum.com mengatakan, Pendaftaran partai politik telah dibuka pada tanggal,04-17/07/18. sesuai dengan peraturan KPU nomor 20, yang datang mendaftar 16 partai, di awali pada hari Minggu,15/07/18 partai Nasdem, kemudian hari Senin Demokrat dan Hanura, sisanya datang pada hari terakhir tanggal 17/07/18.

Keterlambatan Partai Bulan Bintang (PBB) dan ketidak lengkapan bahan,membuat partai tersebut tidak bisa bersaing di Kota Kupang untuk merebut kursi terhormat. Dari 16 partai yang mendaftar, PBB mendaftar tepat pukul 23.56, dan partai yang paling terakhir. pada saat kami menerima documen kami ferivikasi terpaksa kami harus menolak karena documennya tidak memenuhi syarat, setelah kami menolak otomatis waktunya KPU sudah habis sehingga tidak bisa mendaftar lagi jadi hanya 15 Partai.kata Fredik.

Lanjut Fredi dari 15 partai yang mendaftar maksimal masing-masing partai 40 calon dan 30% paling sedikit perempuan, dan total yang mendaftar harusnya 600 orang, teryata yang mendaftar hanya 595. dari 15 partai teryata ada dua partai tidak maksimal mengusung calon yaitu partai Garuda hanya 39 calon di dapil 2 kelapa lima Kec. Kota lama, laki-laki 26 dan perempuan 13. Yang empatnya dari PKS hanya 36 calon dari kuota 40 yaitu laki-laki 22 dan perempuan 14.

Partai yang kurang calonnya tidak bisa lagi menambah, dan partai yang sudah mendaftar tidak bisa menambah tidak bisa menambah atau mengurangi. kalau ada yang harus diganti melalui 3 mekanisme atau ketentuan yang berlaku, yaitu berhalangan tetap atau meninggal, kalau ada imformasi masyarakat atau KPU mempunyai bukti yang kuat untukmenyatakan calon tersebut tidak memenuhi syarat itu bisa di ganti tapi dan calon yang mengundurkan diri tidak bisa diganti.

Berdasrkan PKPU No 20 pasal 7 huruf G dan H kalau ada calon yang bermasalah harus dihentikan dan memang ada beberapa calon yang terbukti dan kami kembalikan ke Partai dan ada dua orang yaitu Habdi Dami no urut 1 dari Partai Berkarya dapil 1 Kota Raja, dari partai Demokrat dapil 1 kota Raja no urut 6 Yermias Therik, itu kami mengembalikan ke Partai untuk di ganti karena tidak sesuai dengan Pakta Integritas. dalam Pakta Integritas poin 2 (dua) pimpinan partai tingkat kota kupang menyebutkan bahwa calon-calon mereka tidak ada yang tersangkut korupsi, narkotika atau kejahatan seksual, tapi teryata setelah kami konsultasikan ke pihak yang berwenang teryata dua orang tersebut jelas mantan napi koruptor.

“Berdasarkan surat keterangan dari pihak yang berwenang kami kembalikan ke partai untuk di ganti calon yang baru dengan berita acara yang di tanda tangani oleh oleh KPU yaitu 5 komisioner”, Tutur Fredik. (Papi)

Comments
Loading...