Informasi Terupdate Hari Ini

OPTIMALISASI PERAN DPRD KOTA KUPANG, GELAR RESES BERSAMA PMII KUPANG

0 104

Faktahukumntt.com, Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kupang masa khidmat 2018/2019 menggelar reses bersama DPRD Kota Kupang pada hari Sabtu ( 20/10/2018 ) disekretariat Cabang PMII Kupang Jalan Nusa Bunga No II Walikota Kupang dari pukul 16.00 wita hingga pukul 19.00 wita.

Ketua Umum PMII Kupang Hasnu Ibrahim dalam penjelasannya bahwa tujuan utama dari kegiatan reses DPRD Kota Kupang adalah agar memleroleh masusukan-masukan serta menyerap atau menjaring informasi dan aspirasi masyarakat di wilayah pemilihannya sendiri ( Dapil ) dan selanjunya diteruskan dipihak Bupati/Walikota agar dapat ditindak lanjuti.

Hasnu melanjutkan hasil kegiatan ini akan dituangkan dalam bentuk pokok-pokok pikiran DPRD dan selanjutnya akan diserahkan kepada Bupati/Walikota.

Karena berdasarkan amanat konstituen pokok-pokok pikiran DPRD meliputi seluruh bidang pembangunan dan urusan kewenangan pemerintah daerah, permasalahan yang sedang berkembang ditengah masyarakat sehingga PMII Kupang mendukung DPRD untuk melakukan optimalisasi peran DPRD dalam menampung aspirasi dan mempertajam pola dalam menggoalskan pokok-pokok pikiran agar dapat dipertanggung jawabkan dan dapat dirasionalkan di Meja Eksekutive, tentu sederhnnya adalah DPRD Kota Kupang harus mengasah kader-kader terbaik legislativenya dari sisi Intelektual dan Spritual, agar dpr itu seperti yang diharapkan sebagai penyambung lidah rakyat.

Berikut beberapa Rekomendasi PMII Kupang dalam kegiatan Reses, yakni :

1. PMII mempertegas kepada DPRD Kota Kupang agar memprioritaskan pembangunan infra struktur dasar ( Jalan, Deker, Air Bersih, GOT atau saluran Air, Listrik, Irigasi dll )

2. Tetap berkomit terhadap pencapaian Swasembada pangan daerah dan pemberdayaan ekonomi kreative rakyat.

3. Optimalisasi dalam Program Tata Ruang Kota, Agar Kota Kupang dapat dijadikan sebagai lokomotive peradaban Indonesia Umumnya dan icon Kota/Kab. Se NTT sehingga sehat kotanya dan cerdas warganya.

4. Perkuat Studi Banding dan Pengamatan dengan Kota-kota lain di Indonesia, agar mensingkronkan dengan kota Maju di Indonesia.

Kegiatan Reses DPRD Kota Kupang yang digelar bersama PMII Kupang dilaksanakan oleh Yuvensius Tukung, S.Pd selaku Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Kupang.

Dalam pemaparannya Yuvensius Tukung, S.Pd memberikan apresiasi kepada PMII Cabang Kupang yang berantusias dalam menerima kunjungan kerjanya guna mendiskusikan agenda-agenda kebangsaan demi kemajuan kota kupang ke arah yang lebih baik.

Yuvensius mengatakan bahwa kegiatan reses merupakan kegiatan formal yang dijalankan oleh setiap anggota DPR mulai dari pusat hingga daerah guna menampung aspirasi, menyerap dan merancang pokok-pokok pikiran berdasarkan amanat UU yang berlaku.

Dilain pihak, kegiatan reses Anggota DPRD merupakan bentuk pengimplementasian dari amanat Undang-undang No 23 Tahun 2014 Tentang pemerintah Daerah, Undang-undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan beberapa aturan strategis kota lainnya.

Yevensius melanjutkan, situasi nasional pada hari ini sangat memprihatikan sehingga pikiran-pikiran generasi muda bangsa Indonesia harus diejawantahkan demi terciptanya tatanan arah bangsa yang lebih baik.

Sekiranya Pemuda dan Mahasiswa teruslah menjadi pelopor dari setiap sejarah dan zaman dalam menorehkan api semangat peradaban.

Pada kesempatan reses tersebutpun Yuvensius Tukung Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Kupang ini memaparkan sejara detail langkah apa yang harus diambil oleh Walikota Kupang demi mengendor kemajuan kota Kupang ungkap ” Yuvensius Tukung “.

Pokok-pokok pikiran yang menjadi rekomendasi adik-adik PMII Kupang merupakan agenda yang sedang diperjuankan oleh pihaknya, namun belum dioptimalkan.

Tentu, problematika pemerataan air bersih di kota Kupang harus menjadi agenda konsentrasi Walikota Kupang. Begitupun dengan masalah kesehatan.

Sekeder Informasi kepada adik-adik PMII Kupang bahwasannya Pemerintah Provinsi NTT melalui Gubernur Viktor Bung Tilu Laiskodat dan Josef Nae Soi mengoptimalkan agenda berikut :

Peningkatan Pemanfaatan Sektor Kelautan dan Perikanan, Optimalisasi Dalam sektor Pariwisata, Optimalisasi pelayan rumah sakit ( RS ) terhadap pasien.

Khusus kepemudaan kata Yuvensius akan tetap diperhatikan oleh pemerintah.

Tentu untuk kedepannya kami sangat berharap PMII Cabang Kupang akan hadir dengan konsep dan gagasannya untuk menyelesaikan agenda-agenda keummatan di Kota Kupang dengan menampilkan wajah Demokrasi yang sesungguhnya. Sumber: Puskominfo PMII Kupang

Comments
Loading...