Informasi Terupdate Hari Ini

Mendagri Ajak Caleg Partai Hanura Memperkuat Kelembagaan Partai Demi Demokrasi Berkualitas

0 97

Faktahukumntt.com, Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa Calon Anggota DPR RI Partai Hanura Seluruh Indonesia harus memiliki kemampuan untuk memperkuat kelembagaan Partai bagi Pembangunan Demokrasi yang Berkualitas. Hal ini disampaikan Mendagri saat menghadiri pembekalan Calon Anggota DPR/DPRD Partai Hanura seluruh Indonesia (08/11).

Menurut Mendagri Calon Legislatif dari Partai Hanura harus memiliki Kemampuan-kemampuan antara lain Pertama, Komitme; mempunyai keteguhan hati dan konsinensi yang kuat dalam memperjuangkan dan mewujudkan cita-cita bagi kebesaran partai, kemaslahatan masyarakat, bangsa dan negara. Kedua, Integrita; menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika; semangatnya dapat dirasakan dan dilihat dari sikap dan prilaku yang santun dalam berpolitik. Ketiga, Kompeten; harus benar-benar konsersiasi terhadap kemampuan atau kualitas sumber daya manusia di internal partai sebagai modal dasar yang harus dikembangkan secara terus menerus. Dan Keempat, Konstituen; mampu mencari dukungan dan jaringan sebanyak-banyaknya dari masyarakat.

Lanjut Mendagri, Pemerintah bersama legislatif melakukan penataan dan penyempurnaan peran dan fungsi partai politik. Membentuk sikap dan perilaku partai politik yang terpola atau sistemik. Memaksimalkan fungsi partai politik baik fungsi partai politik terhadap negara maupun fungsi partai politik terhadap rakyat melalui pendidikan politik dan pengkaderan serta rekrutmen politik yang baik. Tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel dalam setiap aspek kehidupan politik sangat diperlukan untuk keberlangsungan demokrasi.

Mendagri juga mengingatkan bahwa suhu politik saat ini meningkat menjelang Pelaksanaan pemilihan umum di Indonesia. Politik identitas, penyebaran ujaran kebencian, propaganda politik dan kampanye hitam melalui berbagai saluran media menjadi alat untuk meraih kekuasaan. Mencegah terjadinya polarisasi masyarakat dengan menerapkan konsep pembangunan persektif perdamaian di kalangan para politisi dan masyarakat.

Partai politik memiliki fungsi sebagai penyalur artikulasi dan agregasi kepentingan politik yang paling mapan dalam sebuah sistem politik modern. Partai politik memiliki tugas untuk menjadi “jembatan” antara rakyat dan pemerintah. Peranaan partai politik yang secara sederhana dapat diartikan sebagai representation of idea, yaitu bertindak untuk mewakili kepentingan-kepentingan warga, memberikan jalan kompromi bagi pendapat/tuntutan yang saling bersaing, serta menyediakan sarana kompromi.

Peran yang harus dilaksanakan oleh Partai Politik yakni sebagai proses dalam proses demokrasi, penyalur partisipasi politik warga negara, mempersiapkan para kader calon pemimpin bangsa. Upaya penguatan Partai Politik Penguatan platform partai dan sistem kaderisasi dan rekrutmen yang baik. Partai politik yang saat ini khsususnya yang mencoreng citra partai politik sendiri memberikan stigma negatif. Adanya berbagai kasus (suap dan korupsi) yang melibatkan dan menjerat pejabat publik yang berasal dari partai politik.

Mendagri mengharapkan agar Partai Hanura bisa memberikan kontribusi positif bagi perkembangan demokrasi. Partai Hanura bisa menjadi jembatan yang menghubungkan antara pemerintah dan rakyat. Membangun tatanan politik yang mendukung jalannya program pembangunan nasional, menuju Indonesia yang lebih maju, mandiri, sejahtera dan berkeadilan.(**YB)

Comments
Loading...