Bimtek RELASI, Upaya KPU Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Dibaca 177 kali

Nagekeo (Faktahukumntt.com) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nagekeo semakin memantapkan langkah dalam menyukseskan pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota. Salah satu strategi peningkatan partisipasi pemilih menjelang Pemilihan Umum Nasional 17 April mendatang, KPUD Nagekeo memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada 55 orang anggota Relawan Demokrasi (RELASI) di aula Kantor KPUD kabupaten Nagekeo, Kamis (24/1)

Sesuai surat KPU Republik Indonesia no. 32/PP.08-/06/KPU/I/2019, relawan demokrasi ditugaskan khusus memberikan sosialisasi tentang pentingnya hak suara dan pemilu kepada setiap basis pemilih yang tebagi dalam sebelas segmen pemilih yang tersebar di 7 kecamatan di wilayah kabupaten Nagekeo. Sebelas segmen tersebut meliputi segmen pemilih pemula, segmen perempuan, segmen keluarga, segmen pemuda, segmen keagamaan, segmen disabilitas, segmen warga internet (netizen), segmen pemilih berkebutuhan khusus, segmen pemilih marjinal, segmen pemilih dalam komunitas serta segmen Relasi itu sendiri.

Baca Juga :  Megawati Terima Gibran dan FX Hadi Rudyatmo di Teuku Umar

Hal itu dilakukan oleh KPUD Kabupaten Nagekeo mengingat angka partisipasi pemilih Masyarakat kabupaten Nagekeo pada pemilihan umum serentak Kepala daerah 2018 lalu hanya mencapai 83,03%, kata Michael Angelo Mali, ketua KPUD kabupaten Nagekeo. Untuk itu, kerja para Relawan Demokrasi diharapkan mampu mendongkrak partisipasi masyarakat dalam ajang Pemilihan Umum Nasional 27 April mendatang.

Lebih lanjut, Angelo menegaskan kepada setiap Relawan agar dalam melaksanakan sosialisasi dan kerja-kerja relawan agar selalu bersikap netral dan menjunjung tinggi independensi serta tidak berafiliasi dengan partai politik tertentu. Angelo menegaskan akan memecat bila ada Relawan Demokrasi yang terbukti melakukan tindakan indisipliner yang bertentangan dengan marwah KPUD Nagekeo.

Baca Juga :  Gus Din Gagal Maju Cawali Kota Surabaya, Targetkan Maju di Pilkada Kota Mojokerto 2023

“Ohhh, bila terbukti seperti itu kita langsung pecat. Ini demi citra dan integritas lembaga KPUD Nagekeo dan KPUD se Indonesia”

Sesuai pantauan FHI, peserta Bimtek mendapat materi seputar Pemilu, demokrasi pemilu dan partisipasi pemilih. Sedangkan secara teknis relawan mendapat materi penyelenggara pemilu, kode etik relawan, tehnik komunikasi publik dan manajemen kepemimpinan. (patriOT)

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment