Reses; Jhony G. Plate Ingatkan Optimalisasi Anggaran Negara Untuk Rakyat

Dibaca 203 kali

NAGEKEO-NTT (faktahukumntt.com), Agar terhindar dari jeratan hukum, kepala desa diharapkan mampu mengelola dan mengoptimalkan anggaran keuangan yang bersumber dari dana desa demi meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat didalam desa.

Optimalisasi penggunaan dana desa disampaikan Jhony G. Plate saat melakukan kegiatan reses, jumad (01/03), di wilayah kecamatan Aesesa, kabupaten Nagekeo. Pada kesempatan itu, Jhony mengingatkan agar penggunaan dana desa harus seluruhnya digunakan untuk kepentingan masyarakat desa. Sedangkan untuk membiayai keperluan operasional di desa, politisi partai Nasdem itu menyarankan agar desa bisa menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) yang sumbernya berasal dari APBD II.

Baca Juga :  DPP KAMIJO DUKUNG MENTERI AGAMA PERKUAT TOLERANSI BERAGAMA

Salah satu kader Partai Nasdem Kabupaten Nagekeo, Veronica Adja, mengungkapkan kehadiran Johhny G Plate adalah dalam rangka reses DPR RI bertemu konstituen di daerah dengan mengedepankan agenda dialog kinerja atau sebagaimana amanat yang telah diterimanya sebagai wakil rakyat dari NTT

Dalam sapa pembukanya, Johhny G Plate menerangkan kehadirannya dalam rangka reses Wakil Rakyat sebagaimana yang telah termaktub didalam amanat konstitusi.

Disaksikan FHI, dalam penjelasannya didepan 400 orang Masyarakat Aesesa, Johhny G Plate mengungkapkan bahwa sebagai Negara yang besar, saat ini pemerintah tengah bekerja keras memajukan pembangunan bangsa dengan prinsip membangun mulai dari pinggiran.

Pria asal Manggarai Timur itu menghitung, setidaknya ada Rp.42 Triliun Anggaran Negara dialokasikan bagi Nusa Tenggara  Timur dari Kas Negara untuk dikelola demi kemajuan Provinsi NTT.

Baca Juga :  Ketua ReVISI For NTT disambut 15 Mata Jemaat Gereja Di Dua Kecamatan

Dalam paparannya, Johhny G Plate juga mengajak masyarakat untuk terlibat aktif mengawasi berbagai tata kelola pembanguan bangsa dan daerah, termasuk pengawasan terhadap hak-hak anggaran maupun bantuan-bantuan yang diberikan dari negara bagi masyarakat.

Menurut dia, akurasi pendataan mulai dari tingkat terbawah harus terus dikerjakan dengan lebih baik lagi serta padat pengawasan, agar setiap warga masyarakat tidak terlewatkan dalam mendapatkan hak-hak mereka atas berbagai sentuhan perhatian negara kepada seluruh masyarakat Bangsa Indonesia ini.

Dalam kesempatan ini Johhny G Plate juga menekankan sejumlah kerangka kebutuhan pendataan akurat kondisi real warga masyarat mulai dari tingkat pemerintahan terbawah untuk memastikan kepada bangsa dan negara agar hadir tepat sasaran, akurat dan berkualitas bagi masyarakat dalam segenap agenda pembangunan. (patriOT)

Baca Juga :  Peleburan Karakter dalam Sejumlah Gerakan
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment