Simak Vidio Bupati Sabu Raijua Terpilih, Orient Riwu Kore : Saya Asli WNI Bukan WNA

Dibaca 434 kali Reporter : Josse verified

Kupang, faktahukumntt.comBupati Sabu Raijua terpilih, Orient Riwu Kore buka suara soal polemik status kewarganegaraan yang viral, baik di media mainstream maupun media sosial. Ia pun menyampaikan permohonan maaf karena beritaberita tersebut menyedot perhatian dan energi berbagai kalangan, termasuk se jumlah lembaga negara. Ia menegaskan tidak bermaksud membuat kekisruhan dalam proses ini.

Orient juga menegaskan hingga saat ini dirinya adalah WNI asli. Ia lahir di Kota Kupang dan bersekolah di Kupang, mulai dari SD hingga perguruan tinggi. Terakhir ia menyelesaikan studi S1 di Universitas Nusa Cendana. Orient yang merupakan keturunan suku Sabu ini mengatakan ia sangat cinta Indonesia dan ingin kembali untuk mengabdi, khususnya di kampung nenek moyangnya, yakni Sabu Raijua.

Baca Juga : 

Dan, sebagai bukti kecintaannya kepada NKRI, sampai saat ini ia masih memiliki KTP, NIK dan Kartu Keluarga. “Saya tidak pernah melepas status kewarganegaraan Indonesia. Walau pun saya bekerja di Amerika, masih terus bolakbalik ke Indonesia untuk lihat orang tua, keluarga dan saudara-saudara saya, baik di Kupang maupun di Sabu Raijua. Saya WNI yang sah karena NIK saya tercatat secara resmi di database kependudukan pada Ditjen Dukcapil,” jelas Orient.

Orient mengatakan dirinya memang pernah memiliki paspor Amerika saat bekerja di sana. Namun ketika hendak kembali ke Indonesia untuk menjadi calon kepala daerah, ia sudah memproses pencabutan Status WNA. “Jadi sebetulnya sudah berproses,” ujarnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment