Penulis : Mariani Zalukhu

FAKTAHUKUMNTT.COM., KUPANG – Dalam sebuah pernyataan di Studio Podcast SeiNews hari Jumat, 8 Desember 2023, Agustinus Budi Utomo Gilo Roma (Bedi Roma), Pendiri Rumah Aspirasi Sendal Jepit (RASJ) , menyoroti peran luar biasa pemulung dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita.

Menurut Bedi Roma, pemulung bukan sekadar pekerja harian biasa, melainkan pahlawan sampah sesungguhnya yang pantas diakui atas jasa mereka dalam mengelola limbah.

“Mereka tidak hanya membersihkan lingkungan dari potensi kerusakan dan polusi, tetapi juga mendaur ulang bahan-bahan yang dapat digunakan kembali,” urai Bedi Roma.IMG 20231208 WA0036 e1702048109825

Calon Anggota DPRD Kota Kupang dari PKB Dapil Kecamatan Oebobo menambahkan bahwa pekerjaan pemulung bukanlah tugas yang mudah.”Mereka sering kali harus menghadapi kondisi lingkungan yang tidak bersahabat, tetapi semangat mereka untuk menjaga lingkungan tetap bersih tidak pernah luntur”.

Karena itu, Rumah Aspirasi Sendal Jepit (RASJ) mendorong pemerintah Kota Kupang untuk membangun perusahaan umum daerah (Perumda) khusus penanganan sampah. Hal ini bertujuan memberikan akses pasar dan peningkatan ekonomi bagi pemulung.

Tetap Terhubung Dengan Kami:
Laporkan Ikuti Kami Subscribe

CATATAN REDAKSI: Apabila Ada Pihak Yang Merasa Dirugikan Dan /Atau Keberatan Dengan Penayangan Artikel Dan /Atau Berita Tersebut Diatas, Anda Dapat Mengirimkan Artikel Dan /Atau Berita Berisi Sanggahan Dan /Atau Koreksi Kepada Redaksi Kami Laporkan,
Sebagaimana Diatur Dalam Pasal (1) Ayat (11) Dan (12) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.