Bupati Malaka Simon Nahak Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranaka

Dibaca 1.3K kali Reporter : PN/JK verified

MALAKA, faktahukumntt.com – 6 Mei 2021

Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H., M.H., memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranaka 2021 tingkat Kabupaten Malaka yang berlangsung di Lapangan Umum Betun, Rabu (5/5/2021). Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranaka 2021 tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Bupati Malaka saat membacakan sambutan Kapolri menegaskan bahwa operasi ini bertujuan untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat (Kantibmas) selama Bulan Suci Ramadhan dan saat berlangsungnya Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H.
Lebih lanjut ditegaskan Kapolri agar dalam operasi ini dilakukan pengawasan secara ketat, sesuai dengan telegram Kapolri dan selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah terutama dalam tugas penanganan pandemic covid-19 yang masih mendera bumi Indonesia.

“Laksanakan penegakan hukum secara professional dan proporsional terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kantibmas. Tetap bekerja sama dengan semua pihak, tingkatkan sinergisitas dan soliditas sehingga operasi ini berjalan dengan aman, lancar dan tertib,” kata Bupati Malaka mengutip pernyataan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga :  Bupati Simon Nahak : Singkirkan Perbedaan, Mari Kita Cetak Gol Terakhir "Kesejahteraan"

Kapolri dalam amanatnya lebih banyak menekankan pada upaya bersama seluruh elemen masyarakat untuk mencegah pandemic covid-19. Pasalnya virus corona masih terus membayangi dan menghantui, jangan sampai jatuhnya banyak korban seperti yang terjadi di Negara lain.

“Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada hari raya Idul Fitri 1442 H. Ini merupakan tahun kedua Pemerintah mengambil kebijakan tersebut karena situasi pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa keputusan tersebut diambil melalui berbagai macam pertimbangan yaitu pengalaman terjadinya tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang, termasuk peningkatan kasus sebesar 93 % setelah pelaksanaan libur Idul Fitri pada tahun 2020,” kata Bupati Simon mengutip Kapolri.

Baca Juga :  Pemkot Kupang Siap Terapkan Sistem Kebijakan Satu Data 

Di akhir sambutannya, Bupati Simon Nahak meminta kepada seluruh personil yang hadir yakni dari TNI, Kepolisian, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Organisasi lainnya yang terlibat secara langsung, untuk melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Ini tugas dan tanggung jawab besar yang harus diemban selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri. Berikan ketenangan dan kedamaian bagi umat yang akan melaksanakan ibadah di Bulan Suci ini dan imbasnya kepada kedamaian dan ketenangan masyarakat di Kabupaten Malaka,” ajaknya.

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranaka 2021 di Kabupaten Malaka, Pejabat Kapolres Malaka AKBP Sigit Harimbawan, Perwira Staf Polres Malaka dan Pimpinan Perangkat Daerah.

Baca Juga :  Implementasi 100 Hari Program Presisi, Kapolri: Kepercayaan dan Kepuasan Publik ke Polri Meningkat

Pada kesempatan apel itu juga, Bupati Malaka Simon Nahak menyematkan pita di bahu perwakilan elemen peserta operasi sebagai tanda operasi segera dilaksanakan.

Sebagai informasi, dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Ranaka 2021 jumlah personel yang terlibat sebanyak 155.005 personil gabungan terdiri atas 90.592 personel Polri, 11.533 personel TNI serta 52.880 personel instansi terkait lainnya seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Jasa Raharja dan intansi tekhnis lainnya.

Reporter : Paulina Ngge dan Johanes Klau
Kameramen : Zakarias S. Erap dan Aristo Mali

Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment