Atasi Persoalan Adminduk Bermasalah, Dukcapil Kota Kupang Siapkan Layanan e-KTP Langsung Jadi

Dibaca 474 kali

Faktahukumntt.com – Kota Kupang.

[dropcap]P[/dropcap]emerintah Kota Kupang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) memberikan perhatian kepada masyarakat terkait persoalan Administrasi Kependudukan, khususnya Pelayanan e-KTP, informasi tersebut disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang Drs. Agus Ririmase, AP. M.Si, melalui press realese dan postingan lewat akun di setiap grup media sosial, sabtu (25/1/2020).

Menurut mantan Camat Kelapa Lima ini, langkah ini merupakan bukti nyata kepedulian Wali Kota Kupang DR. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH, yang hadir dengan berbagai terobosan baru dalam setiap aspek pelayanan kemasyarakatan di Kota Kupang, “Pak Wali menginstruksikan kepada saya (kadis Dukcapil) untuk selalu peka terhadap persoalan e-KTP”, ujar Agus.

Lanjutnya, beberapa tahun yang lalu proses pengurusan administrasi kependudukan menjadi persoalan serius di kota ini, namun dibawa kepemimpinan Wali Kota yang akrab disapa Jeriko tersebut disiapkan anggaran untuk pembelian blanko e-KTP, namun pihak Dukcapil masih menunggu petunjuk Direktorat Jenderal Kepedudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) terkait mekanisme pengadaan blanko melalui hibah dari Ditjen.

Baca Juga :  Korem 161/Wira Sakti Perdana Gelar Penyuntikan Vaksin Covid-19 Usia 12-17 Tahun

Sebelumnya Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, optimis persoalan e-KTP bisa diselesaikan pada tahun 2020, mantan anggota DPR RI dua periode ini melakukan terobosan dengan membuka pelayanan e-KTP langsung jadi, intruksi tersebut akan ditindaklanjuti oleh Dinas Dukcapil Kota Kupang, “masyarakat diharapkan dapat mengurus KTP di Dinas Dukcapil, bagi yang belum melakukan perekaman segera melakukan perekaman di kantor kecamatan setempat, apabila alat perekaman di kecamatan setempat rusak, bisa melakukan di kecamatan tetangga”.

Menurut Agus kegiatan ini sudah mulai sejak rabu (22/1/2020), dimana Dinas Dukcapil Kota Kupang telah melayani sebanyak 500-an warga setiap hari, layanan e-KTP langsung jadi pada Dinas Dukcapil Kota Kupang akan kembali dibuka pada hari senin (27/1/2020), mulai pukul 08.00 – 14.00 wita..

Baca Juga :  OMK Stasi Aegela Buat Pohon Natal setinggi 12 Meter dari Plastik Bekas

Berikut kutipan informasi yang disampaikan Kadis Dukcapil Kota Kupang melalui media sosial “bagi masyarakat Kota Kupang yang belum memiliki KTP akibat kelangkaaan blanko selama ini, Dukcapil Kota Kupang menyampaikan bahwa mulai hari senin (27/1/2020 ), segera membawa slip & Kartu Keluarga pada saat perekaman atau pegurusan KTP, datang sendiri dan tidak diperkenankan melalui pihak lain. Apabila ada anak yang bersekolah atau kuliah di luar daerah, orang tua bisa mengambil dengan menunjukan KK dan KTP orang tua ybs, ini semua untuk menghindari praktek percaloan di Disdukcapil”. (***)

Baca Juga :  *Wawali dan Kapolresta Pantau Kepatuhan PPKM Level IV di Pasar Kasih Naikoten*
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment