Dugaan Rekayasa Dokumen Cakades, Plt. Kadis PKO Harus Tanggung Jawab

Dibaca 1.4K kali

Diduga Ijasah paket B bukan asli tapi discan

LABUAN BAJO, faktahukumntt.com – 8 Juli 2022

Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB salah satu Calon Kepala Desa Galang-Mabar diduga diterbitkan melanggar Permendikbut No.29 Tahun 2014.

Praktisi Hukum Francis Dohos Dor, S.H., menegaskan “Kepala Sekolah SDK Galang dan Plt. Kadis PKO Mabar Pa Hila Madin harus tanggung jawab secara hukum.

Salah satu Cakades Desa Galang berinisial DM diketahui menggunakan Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB Tingkat Sekolah Dasar dikeluarkan oleh Kepala Sekolah SDK Galang Sdr. Paulus Pedos, S.Pd, karena DM mengklaim Ijazah SD-nya hilang pada tahun 2022.

Diduga ada perbedaan nama antara surat keterangan hilang, KK, KTP dan nama di ijasah Paket B dan paket C.

Selain itu, Cakades DM menyertakan pula Ijazah Paket B Tahun 2008 dan Ijazah Paket C Tahun 2016 yang mana lembaga penyelenggara PKBM yang mengeluarkannya telah tutup atau tidak beroperasi lagi saat ini.

Atas dasar persyaratan tersebut, terdapat seorang pihak berinisial TJ melakukan Sanggahan atas berkas Cakades DM yang diduga tidak asli dan direkayasa karena diduga DM tidak tamat SD tetapi mengantongi Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB tahun 2022 yang dilampirkan dengan Surat Keterangan Berita Kehilangaan Kepolisian, Surat Pertanggung jawaban Mutak DM, dan Surat Pernyataan Seoarang Saksi Teman sekolah yang lulus dengan DM.

Baca Juga :  Bagi Masker Gratis, Wali Kota Kupang Ajak Warga Bersama Perangi Covid-19 #AyoLawanCovid-19

DM juga menyertakan Ijazah Paket B 2008 dan Ijazah Paket C diterangkan Dinas PKO telah sah kendati Lembaganya sdh tdk beroperasi lagi.

Praktisi Hukum, Francis Dohos Dor, S.H menegaskan bahwa Mengacu Pada Pasal 7 ayat (2) Permendikbud No.29 Tahun 2014 bahwa Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB wajib dikeluarkan oleh Kepala Dinas PKO setelah mengantongi Berita Acara Pemeriksaan Penyelidikan Kepolisian terkait Hilangnya Ijazah DM, apabila dokumen fotocopy Ijazah dan Rapor Sekolah tidak ditemukan di Sekolah maupun dinas, dan DM hanya mengantongi satu saksi pernyataan dari Teman Seangkatan yang lulus dengannya, maka itu belum cukup bukti.

Baca Juga :  Wakil Walikota Pantau Pelaksanaan Operasi Prokasih Di Setiap Pintu Masuk

“Salah bila menggunakan Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah SDK Galang, harusnya dikeluarkan oleh Kepala Dinas PKO setelah memenuhi persyaratan Berita Acara Pemeriksaan Penyelidikan Kasus Hilangnya Ijazah DM”, demikian tegas Francis Dohos Dor, S.H.

Lebih lanjut, Pengacara Muda tersebut menilai bahwa Kepala Sekolah SDK Galang dan Plt. Kadis PKO Mabar harus bertanggung jawab secara hukum apabila proses sanggahan pihak penyanggah TJ akan berlanjut ke proses hukum di Kepolisian.

Sementara itu kepala Sekolah Dasar Katolik Galang Paulus Pedos ketika di konfirmasi via telepon seluler namun Nomornya tidak aktif.

Baca Juga :  *Wawali Pimpin Upacara Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama Tingkat Kota Kupang*
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment