Penulis : Josse

KOTA KUPANG, faktahukumntt.com – 7 Desember 2022

Tujuan tersusunnya Rencana Pembangunan Dan Pengembangan Perumahan Dan Kawasan Pemukiman (RP3KP) ialah pelaksanaan penyelenggaraan pembangunan dan pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman di Kabupaten Kupang dapat terencana, terarah dan terpadu dengan baik”, Demikian disampaikan Staf ahli Bupati Kupang Pandapotan Sialagan saat membuka Seminar akhir Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (RP3KP) Senin, 5 Desember 2022 bertempat di aula Amaris Hotel Kupang.

Menurutnya kegiatan ini akan menyediakan data dasar perumahan dan permukiman yang valid dan mudah dikelola, terdefinisinya sasaran dan kebijakan daerah dalam pemenuhan kebutuhan sektor perumahan dan kawasan pemukiman secara terintegrasi dan sistematis.

Lebih lanjut Pandapotan menjelaskan pentingnya RP3KP yang memadai terutama bagi daerah yag memiliki intensitas permasalahan yag mendesak sehingga terwujudnya pedoman dan arahan terkait perumahan dan kawasan pemukiman dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Selain itu akan menangani permasalah seperti backlog, RTLH dan kawasan kumuh dengan terakomdasinya kebutuhan akan perumahan dan kawasan pemukiman.

Hal penting yang dipesankan Sialagan ialah tahapan akhir RP3KP ini dilanjutkan dengan penyusunan naskah akademik dan rancangaan Peraturan Daerah tahun 2022-2042. dirinya berharap dokumen Rp3KP ini menjadi rujukan pembangunan Pemerintah Kabupaten didalam menangani persoalan-persoalan pemukiman dimasa yang akan datang.