OMBUDSMAN NTT Minta Klarifikasi BPOBLF Soal Kasus Hutan Bowosie RTK 108

Dibaca 482 kali Reporter : SL verified

Peta 400 Hektar milik BPOBLF

LABUAN BAJO, faktahukumntt.com – 27 Januari 2022

Berdasarkan laporan dari Kesatuan Masyarakat Racang Buka (KMRB) bahwa penamaan pilar yang di lakukan oleh BPOBLF ada dilokasi kawasan hutan Bowosie di Desa Gorontalo kecamatan Komodo kabupaten Manggarai Barat dimana masyarakat setempat sudah ada yang berdomisili, menguasai, memiliki, menggunakan dan memanfaatkan tanah.

Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur meminta klarifikasi dan penjelasan dari BPOBLF terhadap ada 9 poin antara lain::
1.berdasarkan peraturan presiden republik Indonesia nomor 32 tahun 2018 tentang badan otorita pengelola kawasan pariwisata Labuan Bajo Flores, kawasan hutan yang terletak di hutan Bowosie yang ada pada Desa Gorontalo dan Nggorang kecamatan Komodo, diberikan hak pengelolaan kepada BPOBLF.terkait dengan ketentuan tersebut, mohon jelaskan apakah tanah yang d mohonkan untuk kegiatan IP4T di kecamatan Komodo tahun 2015 termasuk dalam bagian hak pengelolaan dari BPOBLF ( mohon lampirkan dengan data/ dokumen pendukung)

2. Apakah benar pengelolaan kawasan hutan Bowosie oleh BPOBLF telah melakukan pematokan? jika iya apa dasar hukum dan bagaimana prosedur kegiatan pematokan tersebut serta terletak dimana ( titik koordinat) dan berapa luasnya? (Mohon lampirkan dengan data) dokumen pendukung)

Baca Juga :  Kasus Narkotika Jenis Sabu 353 Kg Β Jaringan Internasional Diungkap Polda Aceh

3. Mohon jelaskan, apakah cakupan kawasan hutan di Bowosie yang di kelola ( telah dilakukan pematokan) oleh BPOBLF di proleh melalui pola penyelesaian penguat dan pemanfaatan tanah dalam pengawasan hutan sebagaimana pasal 8 ayat 1 peraturan presiden republik Indonesia nomor 88 tahun 2017 tentang penyelesaian penguasaan tanah dalam kawasan hutan atau melalui mekanisme lain? (Mohon lampirkan dengan data/ dokumen pendukung)

Selanjutnya
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment