Plt. Sekda Kabupaten Kupang: SPBE Solusi Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif dan Efisien 

Dibaca 2.1K kali Reporter : *** verified

Plt. Sekda Kab. Kupang Novita Foenay pada saat membuka kegiatan sosialisasi pemanfaatan tanda tangan elektronik berbasis SPBE di aula Kantor Bupati Kupang di Oelamasi pada hari Kamis, 03 November 2022.

OELAMASI, faktahukumntt.com – 3 November 2022

Salah satu cara mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien adalah dengan dibentuknya sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) yang juga merupakan suatu sistem tata kelola pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan dan penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan pada suatu instansi pemerintahan,

Demikian pernyataan Plt. Sekda Kab. Kupang Novita Foenay pada saat membuka kegiatan sosialisasi pemanfaatan tanda tangan elektronik berbasis SPBE di aula Kantor Bupati Kupang di Oelamasi pada hari Kamis, 03 November 2022.

Novita menjelaskan, keamanan SPBE mencakup penjaminan kerahasiaan, keutuhan, ketersediaan, keaslian dan kenirsangkalan (non-repudiation) sumber daya terkait data dan informasi, infrastruktur SPBE dan aplikasi SPBE. Tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi autentifikasi.

Baca Juga :  BMPS NTT Sampaikan Permasalahan Sekolah Swasta di NTT, Senator Paul Liyanto Janji 'Teriak' di Paripurna DPD

Tidak hanya itu, Plt. Sekda Novita juga menjelaskan beberapa manfaat yang didapat dari tanda tangan berbasis SPBE tersebut yakni, efesiensi waktu kekuatan hukumnya setara dengan tanda tangan basah, identitas terjamin, hemat biaya pengeluaran serta ramah lingkungan.

Comment