Wali Kota Kupang Pantau Pengerjaan IPA Kali Dendeng Hasilkan Kapasitas Air 150 Liter Per-detik

Dibaca 1.4K kali

Kota Kupang, faktahukumntt.com – 12 Maret 2021

Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M., M.H., di dampingi Ketua TP PKK Kota Kupang, Ny. Hilda Riwu Kore – Manafe, mengunjungi dan memantau proses pembangunan IPA SPAM Kali Dendeng, Jumat (12/3). Beberapa tempat yang dikunjungi antara lain; pengerjaan bak Pra-Sedimentasi dan Kolam In Take di Kali Dendeng, Kelurahan Fontein, Lokasi Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Kelurahan Manutapen dan Reservoir di Kelurahan Penkase Oeleta.

Proyek IPA Kali Dendeng tersebut dikerjakan dalam 2 tahap dengan waktu pengerjaan multiyears. Tahap pertama dapat menghasilkan kapasitas air mencapai 150 liter per detik, sehingga keseluruhan pemanfaatan debit air kali dendeng dapat menghasilkan kapasitas mencapai 300 liter per detik.

Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) berkapasitas 150 liter per detik ini diharapkan dapat menyuplai 12 ribu Sambungan Rumah (SR) yang dapat dimanfaatkan oleh penduduk Kota Kupang. PDAM Kota Kupang segera melakukan pembangunan sebagian jaringan distribusi serta pemasangan SR sehingga ketika pembangunan Intake dan IPA selesai dapat langsung dimanfaatkan oleh masyarakat.

Baca Juga :  Bumdes Ina Huk Salurkan Minyak Goreng Curah Harga Murah Rp14.000 Per Liter

Sementara itu IPA Manutapen berfungsi untuk mengolah air menjadi bersih kemudian didistribusikan ke 2 reservoir. Pengendalian pengelolaan IPA tidak lagi dikerjakan secara manual, tapi menggunakan sistem SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) yang berbasis komputer. Pemerintah Pusat juga akan membangun gedung kantor IPA yang akan dipergunakan oleh PDAM Kota Kupang. Selanjutnya Wali Kota Kupang mengunjungi 2 reservoir di Kelurahan Penkase Oelete dengan kapasitas 1000 meter kubik dan 2000 meter kubik.

Selanjutnya
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment