Wawali Herman Man Tinjau Tim Isolasi Mandiri di Empat Puskesmas

Dibaca 208 kali Reporter : Pkp_ans verified

Foti: Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man melakukan peninjauan terhadap tim pemantau pasien isolasi mandiri di empat puskesmas di Kota Kupang, Rabu (20/1/21)

Kota Kupang, faktahukumntt.com – 20 Januari 2021

Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man melakukan peninjauan terhadap tim pemantau pasien isolasi mandiri di empat puskesmas di Kota Kupang, Rabu (20/1). Empat puskesmas yang dikunjungi antara lain, Puskesmas Penfui, Puskesmas Oesapa, Puskesmas Pasir Panjang dan Puskesmas Oebobo. Turut mendampingi Wawali dalam kunjungan tersebut, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang, Yanuar Dally, SH, M.Si, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang, Maxi Jemy D. Didok, S.Pd., M.Si, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kupang, Marthin Alan Yoga Girsang, SH., MH, Kepala Bidang Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kota Kupang, I.G.A. Ngurah Suarnawa dan Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyunigsih, SKM. M.Kes.

Baca Juga :  Walikota Kupang Hadiri Kebaktian Perdana Pos Pelayanan Batuplat, GMIT Pohonitas Manulai II

Dalam penjelasannya kepada awak media usai melakukan kunjungan tersebut Wawali menyampaikan, kunjungan ini untuk memastikan apakah arahannya terkait pembentukan tim isolasi mandiri per puskesmas berjalan dengan baik. Dari hasil pemantauan hari ini dia mendapat kesan semuanya berjalan dengan baik. Wawali memberi apresiasi kepada para petugas di puskesmas yang sudah bekerja sesuai standar baku pelayanan isolasi mandiri dan pasien juga merasa tertolong. Dalam kunjungan tersebut Wawali juga berkesempatan mengontak langsung per telepon pasien isolasi mandiri yang sedang dalam pemantauan petugas di Puskesmas Penfui dan Puskesmas Oesapa.

Peninjauan berawal dari Puskesmas Penfui. Di sana Wawali diterima langsung oleh Kepala Puskesmas Penfui, dr. Maria Stephani. Dalam penjelasannya dr. Stephani menyampaikan saat ini petugas mereka tengah melakukan pemantauan terhadap 55 orang yang tersebar di tiga kelurahan yang berada dalam wilayah pelayanan Puskesmas Penfui, yakni Kelurahan Penfui, Kelurahan Naimata dan Kelurahan Maulafa. Untuk pasien yang tanpa gejala, pemantauan dilakukan per telepon dan WA. Bila ada keluhan baru petugas turun langsung ke rumah pasien.

Baca Juga :  ASN Pemkot Kupang Gotong Royong Menata Boulevard Jalan El Tari & Adi Sucipto

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Puskesmas Oesapa, dr. Shinta Ndaomanu. Menurutnya saat ini ada 20-an orang yang melakukan isolasi mandiri dan sedang dalam pemantauan petugas mereka. setelah dari Puskesmas Oesapa, Wawali dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Puskesmas Pasir Panjang dan diterima oleh Kepala Puskesmas dr. E. Evalina Corebima. Puskesmas terakhir yang dikunjungi hari ini adalah Puskesmas Oebobo, Wawali dan rombongan diterima langsung oleh Kepala Puskesmas Oebobo, dr. Sartje Nubatonis. Rencananya kunjungan yang sama akan dilanjutkan besok, Kamis (21/1) ke puskesmas yang berada di wilayah barat Kota Kupang. *Pkp_ans

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment