Kesejahteraan Petani Kupang Meningkat Ketika Revolusi 5P Berkolaborasi

Dibaca 1.7K kali Reporter : Josse verified

Bupati Kupang Korinus Masneno dalam suatu kesempatan. Foto. dok.redaksi faktahukumntt.com

“Program READSI memang bagus untuk mendorong SDM. Apalagi, SDM menjadi kunci utama untuk mendorong produktivitas dan kesejahteraan. Kalau sarana prasarana dan peraturan perundangan tidak terlalu. Untuk itu, kami sangat fokus terhadap pengembangan SDM,” kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi.

Adapun untuk tahun 2021, program READSI ditujukan kepada peningkatan produksi dan penyediaan benih bagi petani. Hasilnya? Panen raya di Kupang kini bisa menghasilkan 4,5 Ton/Hektar Padi. “Angka kemiskinan di Kupang akan turun seiring masifnya implentasi READSI. Keberhasilan READSI juga tentunya berkat berkolaborasi dengan program lokal yang digulirkan daerah, seperti Kabupaten Kupang dikenal dengan sebutan Revolusi 5P.

Baca Juga :  Jeriko Disambut Ribuan Massa Pendukungnya dan Diarak dari Bandara Eltari Menuju Rumah Aspirasi

Memajukan perekonomian daerah melalui pertanian, READSI memiliki fungsi vital lainnya. Sebut saja, pemberdayaan rumah tangga petani di pedesaan baik secara individu maupun kelompok. Mereka didorong melalui peningkatan ketrampilan, rasa percaya diri, dan optimalisasi potensi dari sumber daya yang ada. Untuk itu, dukungan penuh diberikan READSI untuk Kostratani dan penumbuhan petani milenial hingga P4S. Poktan sebagai garda terdepan juga dikuatkan dengan orientasi korporasi.

Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sebuah kesempatan mengatakan situasi pandemi Covid-19 memang memunculkan ketidakpastian ekonomi, dan refocusing anggaran seperti saat ini, akan tetapi kolaborasi Revolusi 5P dan program READSI menjadi solusi ideal. Sebab, ada banyak komitmen kemajuan yang bisa dicapai bersama READSI Kementan.

Baca Juga :  Delfianus Wongga Tewas Dihajar Pelatih Perguruan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)

“Bersinergi dengan program Revolusi 5P, READSI Kementan maksimal meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Kupang,” ungkap Bupati Kupang Korinus Masneno. (*/Adv)

 

Sebelumnya
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment