Sekda Obet Laha Sebut Lembaga Adat Mitra Aparat Desa dalam Menjalankan Roda Pembangunan

Dibaca 602 kali Reporter : YB verified

Sekda Obet Laha saat menghadiri kegiatan pengambilan sumpah dan janji lembaga adat Nit Neo Bikolan dan pengurus Karang Taruna BINTER berlangsung di kantor Desa Oelatsala Kecamatan Taebenu pada hari Jumat, 08 Juli 2022. 

OELAMASI, faktahukumntt.com – 8 Juli 2022

Sekda Obet Laha mengatakan bahwa lembaga adat merupakan mitra aparat desa dalam menjalankan roda pembangunan. Karenanya setiap program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di desa baik dalam tahapan perencanaan pelaksanaan dan pengawasan harus terus dikawal lebih dari itu fungsi utama lembaga adat untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sosial yang diwariskan dari generasi ke generasi agar bisa menguatkan, melestarikan serta mengembangkan adat istiadat yang ada di desa Oelatsala.

“Selain sebagai mitra, lembaga adat serta budaya ini merupakan jati diri atau suatu identitas. karena itu, kita harus memelihara budaya agar eksistensinya tidak hilang”, Ujar Sekda Obet Laha dalam sambutannya saat menghadiri kegiatan pengambilan sumpah dan janji lembaga adat Nit Neo Bikolan dan pengurus Karang Taruna BINTER berlangsung di kantor Desa Oelatsala Kecamatan Taebenu pada hari Jumat, 08 Juli 2022.

Menurutnya, lembaga adat secara aktif berperan penting melalui urusan adat di desa seperti peminangan, pernikahan dan penyelesaian masalah secara adat.

Baca Juga :  Kasus Narkotika Jenis Sabu 353 Kg  Jaringan Internasional Diungkap Polda Aceh

“Untuk itu jadikanlah Nitneo Bikolan yang diibaratkan seperti pohon beringin yang teduh dapat diandalkan sebagai tempat berlindung”, ujar Obet Laha.

Sumber : prokompimkabkpg
Selanjutnya
Tulisan ini berasal dari redaksi
Tetap terhubung dengan kami:

Comment