Informasi Terupdate Hari Ini

Samuel J. Ch. Ahab: Pembangunan Saluran Irigasi Tersier; Aktivitas Peningkatan Saluran Irigasi

0 127

FHI (NTT), Dalam mendukung pembangunan pertanian desa di Nusa Tenggara Timur (NTT), Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWS NT II)  melalui anggaran Kementerian Pekerjaan Umum membangun 2702 meter saluran irigasi di 8 (delapan) desa di kabupaten Kupang dan 1 (satu) kelurahan di Kota Kupang.

Pembangunan saluran irigasi tersier merupakan aktivitas peningkatan saluran irigasi, dari irigasi tanah ke irigasi permanen. Pelaksanaan kegiatan pembangunan irigasi ini dilakukan mulai dari bulan Mei 2017 dan berakhir pada bulan September 2017.

Dalam acara serah terima kegiatan Peningkatan tata guna air irigasi melalui pembangunan irigasi tersier, Samuel J. Ch. Ahab selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)  yang mewakili BWS NT II mengatakan terima kasih kepada sembilan pemerintah desa dan kelurahan yang telah mendukung program peningkatan saluran irigasi tersier.

Ahab juga menambahkan dalam sambutannya agar para petani dapat memanfaatkan saluran yang ada guna meningkatkan produktivitas pertanian di desa masing-masing. Salain Ahab yang memberikan sambutan, ada juga endio Raharjo selaku kepala seksi di BWS NT II juga memberikan sambutan dengan memberikan motivasi kepada masyarakat desa yang menerima bantuan pembanguan saluran irigasi agar dengan adanya saluran tersebut masyarakat tidak lagi mengeluhkan akan keterbatasan jangkauan air dan juga agar peningkatan produktivitas pertanian di kabupaten dan kota kupang bisa lebih meningkat .

Saluran irigasi tersier yang panjangnya 2707 meter tersebar di delapan desa di kabupaten kupang yaitu berada di desa Baumata Utara, desa Penfui Timur, Desa Mata Air, Desa Oematnunu, Desa Tesbatan, Desa oesena, Desa Baumata Timur, dan desa Tunfeu. Serta satu kelurahan yaitu kelurahan Bakunase II di kota Kupang.

Dalam acara serah terima program percepatan peningkatan tata guna air itu,  beberapa perwakilan desa serta ketua kelompok tani menyampaikan terima kasih dan bersyukur atas bantuan perhatian dan dukungan yang sudah mereka peroleh dari BWS NT II untuk membangun pertanian di desa mereka.

“Saya mewakili anggota kelompok berterima kasih untuk program dari BWS NT II karena sudah membangun saluran irigasi di sawah kami, kami berharap agar tahun ke depan kami masih bisa dipercaya untuk mendapatkan program ini lagi karena masih banyak sawah dan kebun kami yang belum bisa diairi” Ungkap Hendrik Sabaa’t sekali ketua kelompok petani Naimanu. (Milda)

Comments
Loading...