Informasi Terupdate Hari Ini

KPU Provinsi NTT Serahkan APK dan BK Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018

0 88

NTT-(faktahukumnntt.com), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTT yang diwakili oleh Ubaldus Gogi (Sekretaris KPU Provinsi NTT), Yosafat Koli (komisioner KPU NTT Divisi SDM Dan Sosialisasi), menyerahkan Alat Praga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) Keempat Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT 2018 kepada penghubung keempal paslon yang disaksikan oleh Ketua Bawaslu Provinsi NTT Thomas Djawa, dan puluhan awak media dalam jumpa pers di Aula Rapat KPU Provinsi NTT (13/3/2018).

APK yang diserahkan adalah berupa baliho paslon ukuran 3 x 4 m dengan logo KPU sebagai penerbit APK. Dan wajib dipasang di titik-titik yang sudah ditentukan dan sesuai SK KPU Tentang zona penempatan APK.

“Batas waktu penyerahan APK dan BK oleh KPU di jelaskan oleh Ubaldus adalah tanggal 15/3/2018 sehingga belum terlambat. Walaupun saat ini sudah berjalan kampanye oleh keempat paslon. Jadi belum terjadi keterlambatan sama sekali oleh KPU dalam hal penyerahan APK dan BK ini seperti yang dipertanyakan media masa. Karena ini sudah sesuai jadwal KPU yang tertera dalam kontrak dengan KPU.” Jelas Gogi.

Dalam kesempatan ini Yosafat Koli menjelaskan kronologi pengadaan alat praga kampanye (APK) dan Bahan Kampanye pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT 2018. Pertama, Proses Pengadaan dan Masa Kampanye. Masa kampanye terhitung 3 hari sejak penetapan pasangan calon yakni tanggal 15 Februari 2018.  Pengadaan APK dan BK harus melalui mekanisme lelang umum yang dilaksanakan oleh POKJA ULP KPU Provinsi NTT pada LPSE KPU. Dilakukan lelang umum terhadap APK dan BK dikarenakan Total HPS masing-masing di atas Rp. 2.500.000.000. Total HPS lelang APK sebesar Rp. 5.220.072.000,- dan Total HPS lelang BK sebesar Rp 6.004. 587.600.

Kedua, Jadwal Lelang APK dan POKJA (lelang umum). Pengumuman lelang tanggal 5 Februari 2018 dan Penetapan Pemenang tanggal 18 Februari 2018. Masa sanggah lelang s/d tanggal 22 Februari 2018, Penerbitan SPPBJ tanggal 23 Februari 2018, Penerbitan Surat Aprrove specimen tanggal 23 Februari 2018, Penandatanganan kontrak tanggal 28 Februari 2018, Proses Pekerjaan 15 hari setelah diterbitkan surat aprove specimen oleh PPK yakni sejak tanggal 1 Maret s/d 15 Maret 2018

Ketiga, Penyerahan Desain dan Parat/approve specimen oleh tim pasangan calon dan PPK. Perlu diketahui bahwa desain APK dan BK setiap pasangan calon baru dikatakan lengkap setelah penarikan/pengundian nomor urut (tanggal 13 Februari 2018),  Sebelum penyedia pemenang lelang melakukan cetak massal, KPU Provinsi meminta agar penyedia menunjukan masing-masing 1 specimen untuk setiap item APK (baliho, spanduk dan umbul-umul) serta BK leafleat) untuk dikoreksi kembali oleh tim kampanye paslon Apabila sudah disetujui maka tim paslon dimaksud wajib membubuhi paraf dan didokumentasi oleh KPU Provinsi NTT. Approve specimen dilakukan oleh tim paslon dan PPK sejak tanggal 23 Februari s/d 28 Februari 2018. Dan terdapat beberapa Paslon yang melakukan koreksi/perubahan atas desain Yng telah diserahkan awal.

Keempat, Pemeriksaan oleh PPHP dan tim. APK dan BK Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT Tahun 2018 tiba di Kota Kupang sejak tanggal 11 dan 13 Maret 2018. Hingga saat ini masih dilakukan pemeriksaan oleh PPHP dan tim dari KPU Provinsi NTT; Pemeriksaan dilakukan sejak tanggal 12 Maret 2018 dengan rincian sbb: Bahan Kampanye (Leaflet dengan jumlah total per Pasangan calon yakni sebanyak 1.516.310 lembar yang dipacking ke dalam dus sebanyak 758 dus (2.000 lbr/dus). Alat Peraga Kampanye (baliho) dengan jumlah total per Pasangan Calon sebanyak 66 buah (sejumlah 3 per Kab/Kota); Alat Peraga Kampanye (spanduk dan umbul-umbul) akan diinformaasikan kemudian karena masih dalam proses pemeriksaan oleh
PPHP: (yang pasti jumlah spanduk untuk tiap paslon yakni 1 perdesa/kelurahan dan jumlah umbul-umbul 15 per kecamatan.

Penyerahan APK dan BK dari KPU ke Pasangan Calon diagendakan bertahap sesuai dengan item barang yang telah selesai diperiksa oleh PPHP Andrew Kitte. (Mariani Zalukhu)

Comments
Loading...