Pendidikan

SUPM Menjawab Kebutuhan Bangsa dalam Mengelola Sumber Daya Perikanan dan Kelautan

Faktahukumntt.com. Oelmasi (NTT) – Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe melantik 91 Siswa baru angkatan 18 Sekolah Usaha Perikanan Menengah atau yang biasa disingkat SUPM Kupang tahun ajaran 2019/2020, senin (16 September 2019) bertempat di SUPM Bolok Kecamatan Kupang Barat.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Sekolah SUPM Marcus Samusamu, Kadis Perikanan Prov. NTT Ganef Wurgiyanto, Kadis P dan K Kab. Kupang Imanuel Buan, Pejabat Danlantamal, Camat Kupang Barat Yusak Ulin, orang tua siswa baru. Pelantikan tersebut diresmikan dengan dipasangnya atribut bagi 91 Siswa/siswi SUPM oleh Wabup Jerry Manafe dan Kadis Perikanan Prov. NTT.

Dalam sambutannya Wabup Jerry Manafe menyatakan rasa bangganya atas pelantikan siswa/i SUPM dalam pendidikan khusus dibidang perikanan yang menurutnya sangat tepat dengan kondisi bangsa Indonesia yang memiliki kekayaan perikanan dan kelautan yang luar biasa.[artikel number=5 tag=”Daerah, Dunia, Ekonomi-Bisnis, Nasional, Pariwisata, Pendidikan, Politik, Gubernur, Bupati, Kesehatan” ]

NTT sendiri jelas Wabup Jerry punya kekayaan laut yang besar, laut yang luas dengan potensi perikanan yang luar biasa, sehingga Pemkab Kupang menerapkan program revolusi 5 P dimana salah satunya ialah pengembangan dibidang Perikanan. Dijelaskannya, sektor perikanan merupakan sektor unggulan yang patut didukung dengan sumber daya manusia yang handal, cerdas dan mampu mengelola kekayaan perikanan dan kelautan secara baik. Kepada siswa/i yang dilantik Jerry berpesan agar dapat belajar dengan baik di SUPM dan menimba ilmu sebagai bekal masa depan.

Dirinya mengapresiasi keberadaan lembaga SUPM yang letaknya ada di wilayah Kabupaten Kupang dan memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik. “Jujur saya baru pertama datang disini, namun saya kagum, sekolahnya bagus, bersih dan rapi, dan memiliki kualitas yang sangat baik sekali,”. Ungkap Jerry.

Sekolah ini jelasnya merupakan modal dan aset berharga masyarakat NTT khususnya generasi muda Kabupaten Kupang sebagai tempat pendidikan khusus dibidang perikanan dan teknologinya.[artikel number=5 tag=”Daerah, Dunia, Ekonomi-Bisnis, Nasional, Pariwisata, Pendidikan, Politik, Gubernur, Bupati, Kesehatan” ]

Kadis Perikanan Prov. NTT Ganet Wurgiyanto dalam sambutannya menyatakan banyak potensi perikanan kelautan yang dimiliki NTT karena memiliki panjang pantai 5700 km. Budidaya perikanan seperti rumput laut, tambak dan lainnya merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. “Saya harap setelah selesai pendidikan kalian dapat mengelola kekayaan laut NTT untuk kesejahteraan masyarakat kita,” pesan Ganet.

Kepala SUPM Marcus Samusamu dalam laporannya menyatakan SUPM Kupang memiliki visi mewujudkan lulusan yang kompeten, bermoral dan berjiwa wirausaha. Misi yang diemban yakni menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, berstandar, bermoral dan berorientasi wirausaha. Dijelaskan Marcus, SUPM Kupang merupakan satu dari 9 UPT Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang ada di Indonesia. Lembaga yang berdiri tahun 2002 ini sudah meluluskan 803 orang lulusan yang berkiprah di berbagai bidang diantaranya Instansi Pemerintah, Bumn, Swasta Perikanan, Berkerja di Kapal, hingga berkerja di luar Negeri. Dijelaskan Samusamu dengan kegiatan pelantikan ini menandai dimulainya pendidikan siswa baru SUPM.

Tags
BACA LEBIH LANJUT

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close